Kabar Berita

Digiserve hadirkan layanan Service Management Platform, solusi satu platform untuk seluruh proses TI perusahaan

Sen 01 Agustus 2022, telkomtelstra

JAKARTA, 30 Agustus 2022 – PT Digital Aplikasi Solusi atau lebih dikenal sebagai Digiserve by Telkom Indonesia kembali menghadirkan inovasi terbarunya dengan menyediakan layanan Digiserve Service Management Platform. Kehadiran layanan baru ini berfokus untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas layanan, khususnya pada pengelolaan layanan Teknologi Informasi (TI) sehingga dapat memberikan kemudahan dalam mengatur sistem kerja di perusahaan.

Ahmad Hartono, Presiden Direktur Digiserve menyampaikan, saat ini banyak perusahaan yang telah menggunakan Teknologi Informasi (TI) berbasis digital, sebagai bagian dari sistem kerja mereka. Semakin berkembang perusahaan, akan semakin banyak platform Teknologi Informasi yang digunakan. Hal ini menimbulkan masalah baru bagi perusahaan yang menggunakan berbagai platform berbeda dalam sistem operasional mereka, yaitu bagaimana platform yang berbeda tersebut dapat terintegrasi dan dapat berkomunikasi satu dengan yang lain.

“Pada saat entitas bisnis sudah banyak mengimplementasikan aplikasi berbasis Teknologi Informasi dan digital, ada satu persoalan yang perlu diselesaikan, yaitu bagaimana membangun komunikasi antara sistem aplikasi Teknologi Informasi yang berbeda,” ungkapnya dalam acara Soft Launching Product Service Management Platform di Telkom Landmark Tower, Jakarta.

Hartono memberikan contoh yang sederhana, pada saat senior leader sebuah perusahaan meminta pelaporan dari beberapa macam dimensi dan variasi data, aktivitas ini memakan banyak waktu karena data harus diolah dari report platform IT yang beraneka ragam. Kerumitan lain muncul pada system monitoring atas beberapa macam perangkat yang digunakan oleh pelanggan yang tersebar pada beberapa lokasi, belum lagi jika banyak pelanggan yang harus dimonitor performansi layanannya.

“Pada kondisi seperti itu, diperlukan perangkat TI yang bisa mengintegrasikannya. Misalnya apabila ada gangguan di sisi pelanggan, NOC (Network Operation Center) sebuah perusahaan, bisa memberikan laporan secara cepat dan dapat didistribusikan ke backroom dan dikomunikasikan ke pelanggan secara cepat, melalui platform TI yang terintegrasi dengan sistem dashboard atau portal yang digunakan pelanggan. Oleh karena itu, kami menghadirkan Digiserve Service Management Platform sebagai solusi yang menyederhanakan kerumitan Teknologi Informasi pelanggan,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Edi Nopian Mulia, Vice President IT, Product & Solution Digiserve, menambahkan bahwa di era transformasi digital seperti sekarang, perimeter kebutuhan akan  layanan TI semakin luas, bahkan untuk sebuah digital first business, layanan TI digunakan hampir di seluruh lini bisnis. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu solusi yang dapat meningkatkan efisiensi dalam mengelola dan mengantar layanan TI tersebut secara optimal.

Digiserve Service Management Platform sendiri fokus kepada peningkatan produktivitas kerja TI di perusahaan. Di mana saat ini hampir seluruh lini bisnis tergantung kepada layanan yang dikelola oleh IT. Efisiensi dan produktivitas dilakukan dengan mengoptimalkan adopsi framework ITSM dan secara bersamaan meningkatkan pengalaman karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini akan mudah dicapai jika data dan alat saling terintegrasi sehingga alur pekerjaan bisa berjalan dengan baik,” ujarnya. 

Service Management Platform tersebut dapat digunakan oleh seluruh jenis industri  yang banyak tergantung dengan layanan dan solusi TI dalam pengelolaan operasionalnya. Terlebih lagi Service Management Platform ini dapat meningkatkan produktivitas kerja TI secara signifikan. “Platform ini cocok untuk semua industri, terutama bagi perusahaan yang masih menglola layanan TI secara manual atau yang masih kesulitan dalam meningkatkan response time dan penyelesaian masalah TI sehari-hari, sangat cocok menggunakan platfrom ini,” ujar Edi.

Digiserve Service Management Platform sendiri adalah salah satu bagian dari ekosistem Managed Digital Productivity yaitu sebuah ekosistem yang dikembangkan oleh Digiserve dengan tujuan untuk membantu sebuah perusahaan dalam meningkatkan produktivitas mereka di era transformasi digital. Peningkatan produktivitas tersebut dilakukan melalui efisiensi terhadap proses bisnis, serta komunikasi dan kolaborasi antar stakeholder atau pemangku kepentingan.

Digiserve Service Management Platform menggunakan modul IT Service Management (ITSM) sebagai sebuah framework yang melakukan pendekatan secara strategis dalam meningkatan efisiensi pengelolaan layanan TI, baik itu untuk layanan TI skala kecil maupun besar. Digiserve Service Management Platform memiliki kapabilitas untuk melakukan integrasi dengan platform, aplikasi atau layanan lainnya, sehingga pengaplikasian IT Service Management akan jauh lebih optimal.

Digiserve memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam mengimplementasikan IT Service Management dengan segala kompleksitas proses bisnis agar mampu memenuhi kebutuhan skalabilitas pengembangan yang besar. Sebagai contoh, aplikasi Service Management Platform yang digunakan di Digiserve, mampu mengelola dan mengintegrasikan monitoring atas lebih dari 14.000 perangkat yang beroperasi di pelanggan. Melalui sumber daya manusia yang berpengalaman dalam mengintegrasikan berbagai macam platform dengan perangkat IT Service Management yang tepat, Digiserve siap membantu pelanggan dengan memberikan layanan implementasi Service Management Platform.

Layanan Digiserve Service Management Platform telah dan sedang diimplementasikan oleh sejumlah perusahaan, salah satunya yang saat ini sedang mengimplementasikannya adalah Telkom DBT (Digital Business & Technology) pada layanan support operasional Aplikasi PeduliLindungi dan Satu Data Vaksinasi. Dedi Hermansyah, Principle Tribe Innovator Telkom DBT menjelaskan bahwa dengan menggunakan Digiserve Service Management Platform dalam Aplikasi PeduliLindungi dan Satu Data Vaksinasi, siklus komplain dan penyelesaian masalah terkait penggunaan aplikasi di pelanggan menjadi lebih cepat, terpusat dan terintegrasi. Penggunaan platform ini memungkinkan proses pengaduan dari pelanggan diterima melalui satu pintu dan langsung disampaikan kepada pihak terkait yang sudah terinput pada sistem layanan secara cepat, untuk segera diresolusikan penyelesaiannya.

Menurutnya, layanan service management yang bagus tidak hanya didukung oleh proses yang sudah terdefinisi dengan baik, namun juga didukung oleh sistem platform yang sudah terintegrasi. Ini juga akan membuka potensi untuk monitoring dan pengembangan layanan operasional yang lebih baik.

“Dengan menggunakan layanan dari Digiserve, tidak saja menggunakan platform yang terintegrasi, namun juga proses service management yang sudah teruji.” pungkas Dedi.


Tentang Digiserve by Telkom Indonesia

PT Digital Aplikasi Solusi atau Digiserve by Telkom Indonesia, merupakan perusahaan Teknologi Informasi  yang bergerak dalam bidang ICT Managed Solutions. Setelah diakusisi kepemilikannya oleh PT Telkom Indonesia (Persero) melalui TelkomMetra di tahun 2021, Digiserve semakin didukung dalam mengembangkan pelayanan terbaik dengan keyakinan untuk memperkuat bisnis customer dalam mencapai hasil yang lebih baik. Digiserve akan menjalankan ini dengan integrated Managed Solutions yang dimiliki, dengan memanfaatkan jangkauan jaringan yang luas, kapabililitas kelas dunia, dan keahlian lokal.

Kontak Media

Lita Valentina
SM Sales & Marketing
08111337189
E-Mail: lita.valentina@digiserve.co.id