Narasumber:
Erik Meijer, Presiden Direktur Telkomtelstra
Jakarta, Oktober 2016
Tren transformasi digital yang banyak diadopsi di berbagai sektor secara langsung telah mengubah lanskap bisnis, tidak hanya di negara maju, namun juga di negara berkembang, termasuk Indonesia. Penerapan transformasi digital IDC Indonesia (2015) melihat adanya peningkatan sebesar 8,3 persen dalam pembelanjaan TI di Indonesia, yaitu dari Rp 199 triliun pada tahun 2015 menjadi Rp 214,4 triliun pada tahun 2016.1 Tidak hanya berkaitan dengan perusahaan dengan skala besar, tren ini juga kian terjadi di industri dengan skala yang lebih kecil. IDC Indonesia (2016) lebih lanjut memperkirakan adanya kontribusi sebesar 13 persen dari sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang akan mendorong peningkatan pembelanjaan TI sepanjang tahun 2016 di Indonesia.2
Berkembangnya digitalisasi perekonomian ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang dinamis, khususnya dengan pertumbuhan start-up berbasis teknologi dalam negeri yang terus berkembang dari sisi sektor bisnis maupun jumlah. Dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya, pada tahun 2016, Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah start-up tertinggi dengan sekitar 2,000 start-up. Pertumbuhan start-up ini juga diprediksi akan terus meningkat sampai dengan 6,5 kali lipat pada tahun 2020 (CHGR, 2016).3 Tumbuhnya pasar start-up teknologi yang sangat pesat di dalam negeri ini mengindikasikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kian menguat, serta membuktikan ketersediaan teknologi yang terus berkembang untuk mendukung pertumbuhan industri ini.
Para investor global juga mulai melirik Indonesia sebagai negara dengan potensi ekonomi digital yang tinggi. Berdasarkan laporan investasi per kuartal yang dirangkum oleh Tech in Asia, pada kuartal kedua tahun 2016 saja, terdapat investasi senilai Rp 2,09 triliun ke 28 start-up di Indonesia. Nilai ini mengindikasikan peningkatan yang stabil sebesar lebih dari 100 persen di setiap kuartal pada setahun terakhir.4
Dari berbagai sektor bisnis yang digeluti oleh para start-up di Indonesia, e-commerce dan marketplacemerupakan sektor start-up yang paling banyak diminati oleh investor global. Khusus untuk sektor e-commerce, menurut Indonesia Startup Report 2015 yang dirilis oleh DailySocial.id, Indonesia kerap dianggap sebagai negara acuan di bidang e-commerce setelah Cina dan India. Kepercayaan bisnis ini juga sejalan dengan performa penjualan sektor e-commerce sepanjang tahun 2016 yang diprediksi tumbuh sebesar 22% sementara India hanya 0.24% dan 0.15% secara global.5
Transformasi teknologi digital di Indonesia turut mendorong pertumbuhan ekonomi. Sektor TIK menjadi penyumbang GDP terbesar kedua di Indonesia di Semester 1 2016. Meski menurun tipis sebesar 1.7% dari tahun 2015, sektor TIK masih memberikan peluang besar bagi para pelaku industri untuk menginvestasikan dana atau mengembangkan bisnis teknologi informasi dan komunikasi. Sementara, sektor keuangan dan asuransi menempati posisi pertama dengan nilai kontribusi sebesar 11.4%. Hal ini juga disebabkan karena pesatnya perkembangan teknologi digital di sektor ini.
Pemerintah Indonesia juga menyadari potensi besar yang dapat diperoleh melalui penggunaan teknologi, khususnya peranannya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. Presiden Joko Widodo di awal tahun mengungkapkan target untuk menciptakan 1.000 teknopreneur dan developer. Hal ini sejalan dengan upaya untuk memaksimalkan potensi industri digital di Indonesia yang diperkirakan akan mencapai USD 130 miliar pada tahun 2020.6 Guna mendukung hal tersebut, pemerintah Indonesia menyadari pentingnya fokus pada persoalan deregulasi dan pembangunan infrastruktur, investasi dan ekspansi bisnis.
Telkomtelstra menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini merupakan salah satu pengaruh positif dari perkembangan teknologi yang membuka peluang baik bagi para investor dan pelaku industri internasional untuk berinvestasi di Indonesia.
Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan Erik Meijer, Presiden Direktur telkomtelstra yang disampaikan pada acara Telstra Vantage 2016 lalu bahwa kehadiran telkomtelstra di Indonesia sebagai penyedia layanan TIK berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama dari sisi digital, dengan menyediakan produk dan layanan yang unggul, serta dengan menjaga hubungan baik dengan para pemangku kepentingan untuk terus mendorong transformasi teknologi digital. Disamping itu, pada acara Vantage yang berlangsung di Melbourne Australia, Erik Meijer juga mengajak para perusahaan Internasional untuk melakukan ekspansi bisnis ke Indonesia.
***
Tentang Telkomtelstra
Telkomtelstra adalah joint venture antara PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia), operator telekomunikasi terbesar Indonesia dengan Telstra Corporation Limited (Telstra), perusahaan jasa telekomunikasi terkemuka B2B di Australia. Memadukan kekuatan Telstra dan Telkom Indonesia, telkomtelstra berkomitmen untuk menyajikan layanan yang tak tertandingi melalui perpaduan keahlian dalam pemahaman pasar lokal yang mendalam serta pengalaman global dalam layanan managed solutions untuk membantu mengoptimalisasikan, mentransformasikan dan meningkatkan produktifitas serta efisiensi bisnis perusahaan-perusahaan di Indonesia.
Kontak Media:
Aning Wulandari