Kabar Berita

Kemajuan Transformasi Digital di Indonesia Sisakan Tantangan Soal SDM Pendukung Teknologi

Kam 08 Agustus 2019, telkomtelstra

27 MEI 2019, JAKARTA — Para pemimpin bisnis di Indonesia memandang kemajuan dan kemampuan transformasi digital dalam organisasi mereka menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Namun, optimisme tersebut masih menyisakan tantangan terkait kualitas sumber daya manusia (SDM) pendukung teknologi transformasi digital.

Kondisi tersebut terungkap dalam penelitian bertajuk “Disruptive Decision Making” yang diprakarsai oleh Telstra, perusahaan telekomunikasi dan teknologi terkemuka dan salah satu perusahaan induk dari telkomtelstra. Penelitian ini mensurvei 3.810 pengambil keputusan senior dari 12 industri di 14 pasar di seluruh dunia, termasuk 350 di antaranya dari Indonesia, mengenai kekuatan dan kelemahan di sekitar inisiatif dan pengambilan keputusan transformasi digital.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan tingkat kepercayaan tinggi dari pemimpin bisnis di Indonesia percaya dalam kemajuan transformasi digital yang telah dicapai, dengan responden survei menempatkan Indonesia di urutan ketiga secara global. Lebih dari seperempat (26%) dari pemimpin bisnis di Indonesia menggambarkan perusahaan mereka ‘sangat matang’ secara digital, dibandingkan dengan rata-rata 21% secara global. Sekitar 27% pemimpin bisnis di Indonesia juga mengemukakan organisasi mereka telah membuat keputusan transformasi digital ‘sangat baik’, di atas rata-rata global (23%).

President Director Telkomtelstra Erik Meijer mengatakan ada peluang dan tantangan dalam optimisme menyikapi transformasi digital di Indonesia. Ketika pesatnya perkembangan digital berakselerasi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, cara perusahaan Indonesia bertindak menjadi sangat penting bagi masa depan mereka. “Transformasi digital merupakan suatu keharusan. Karena itu, diskusi telah bergeser dari ‘mengapa’ digitalisasi itu penting, ke ‘bagaimana’ itu bisa dilaksanakan dengan sukses,” kata Erik di Jakarta, Senin (27/5).

Menurut Erik, tingginya optimisme para pemimpin bisnis di Indonesia ini akan membantu mendorong investasi dan keterlibatan perusahaan untuk program-program penting transformasi digital. Namun, kepercayaan ini harus diimbangi dengan realitas ekosistem digital Indonesia.

“Sebagai contoh, Telstra dan The Economist Intelligence Unit (EIU) dalam Indeks Transformasi Digital Asia tahun lalu menempatkan Indonesia di peringkat 11 dari 11 pasar untuk kemampuan dan ekosistem bisnis digital. Untuk memastikan daya saing regional dan domestik, perusahaan di Indonesia harus mewaspadai ekspektasi kemajuan yang melampaui kenyataan dan mengabaikan kompleksitas proyek transformasi, ” paparnya.

Tingginya optimisme dan harapan para pemimpin bisnis di Indonesia tercermin dalam penelitian Telstra. Lebih dari sepertiga (33%) perusahaan lokal di Indonesia telah menginvestasikan lebih dari US$ 500.000 dalam produk dan layanan transformasi digital selama setahun terakhir. Sementara hampir satu dari 10 (8%) perusahaan Indonesia menghabiskan investasi lebih dari US$ 5 juta.

Optimisme para pemimpin bisnis di Indonesia juga tercermin dari ekspektasi peningkatan investasi transformasi digital ke depan. Penelitian Telstra menemukan bahwa empat dari sepuluh (40%) perusahaan di Indonesia mengharapkan total pengeluaran perusahaan untuk transformasi digital meningkat lebih dari 10% dalam tiga tahun ke depan, di atas level global (32%).

Walaupun demikian berdasarkan penelitian tersebut, para pemimpin bisnis di Indonesia belum mendapatkan hasil atau kesuksesan yang ingin dicapai dari investasi transformasi digital yang telah dilakukan. Tidak bisa dipungkiri adanya kesulitan dalam mengukur dampak transformasi digital terhadap pengembalian finansial dari investasi. Bahkan, dalam pemeringkatan efektivitas hasil transformasi digital, responden penelitian menyatakan bahwa peningkatan margin laba dan pemangkasan biaya bisnis hanya berada di peringkat kedua dan ketiga terbawah.

Untuk memahami bagaimana mengukur kesuksesan dari investasi transformasi digital yang telah dilakukan, penelitian ini meminta responden untuk menilai kemampuan pengambilan keputusan digital mereka di empat faktor yakni orang, proses, pemahaman teknologi, dan kemitraan.

Terkait empat faktor sukses itu, pemimpin bisnis di Indonesia menempatkan ‘pemahaman teknologi’ sebagai area di mana mereka memiliki kemampuan paling besar dalam transformasi digital. Akan tetapi penelitian ini menunjukkan organisasi global paling sukses mengambil pendekatan yang berbeda. Perusahaan-perusahaan paling maju secara digital di seluruh dunia menunjukkan fokus yang lebih besar pada orang dan proses daripada teknologi sebagai kunci utama.
“Transformasi digital dimungkinkan oleh teknologi, tetapi harus dipimpin oleh SDM andal. Namun laporan penelitian kami menunjukkan bahwa karyawan di Indonesia tidak diberi perhatian yang cukup,” kata Erik.

Padahal, penelitian Telstra bertajuk “Connecting Commerce” yang dilakukan dengan The Economist Intelligence Unit dan dirilis tahun lalu mengungkapkan bahwa kekurangan ‘orang dan keterampilan’ adalah tantangan digital terberat khususnya di Jakarta. Temuan tersebut diperkuat dengan laporan Disruptive Decision Making tahun ini yang mengungkap, organisasi yang sukses menyadari bahwa karyawan mereka yang mendorong kesuksesan dalam program transformasi digital.

“Transformasi digital tidak hanya bergantung pada teknologi yang tepat, dimana dibutuhkan adanya dukungan budaya yang tepat, orang yang tepat, dan proses yang tepat. Transformasi digital yang sukses harus merupakan perjalanan keseluruhan perusahaan yang melibatkan karyawan, meningkatkan keterampilan internal, mengadaptasi struktur dan cara kerja terbaik, serta menciptakan tim yang dapat memaksimalkan teknologi baru,” ujar Erik.(*)


Tentang Penelitian Disruptive Decision Making

Studi penelitian ini ditugaskan oleh Telstra dan terdiri dari penelitian kuantitatif yang dilakukan oleh perusahaan riset pasar Kantar TNS di 14 pasar di seluruh dunia, mensurvei 3.810 pengambil keputusan senior. Ini dilengkapi dengan wawancara kualitatif dengan 14 eksekutif senior di berbagai industri. Responden ditanya tentang kemampuan pengambilan keputusan transformasi digital organisasi mereka dan efektivitas mereka dalam mencapai hasil bisnis. Mereka yang mengambil bagian dalam penelitian ini adalah orang-orang yang memimpin proyek transformasi digital dalam organisasi terutama kepala bisnis, CIO, manajemen unit bisnis/manajemen divisi, serta ketua dan CEO. Untuk wawasan lebih lanjut, kunjungi www.telstraglobal.com/disruptive-decisionuntuk mengunduh white paper Pengambilan Keputusan Disruptive.

Tentang Telkomtelstra

Telkomtelstra adalah perusahaan patungan antara PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia) yang merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan Telstra Corporation Limited (Telstra) yang merupakan perusahaan telekomunikasi dan layanan informasi terkemuka di Australia.
Telkomtelstra menyediakan portfolio produk dan solusi teknologi terdepan seperti Managed Network ServicesManaged Security Services dan Managed Cloud Services untuk membantu peningkatan transformasi digital di Indonesia. Melalui pemahaman akan pasar lokal dan juga pengalaman menyediakan layanan managed solutions kelas dunia, telkomtelstra telah berhasil mendukung perusahaan-perusahaan Indonesia untuk memanfaatkan layanan solusi terkelola dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.

Kontak Media

Sakkan Abram
Marketing Communication Manager

E-Mail: sakkan.abram@telkomtelstra.co.id