Kabar Berita

Riset Telstra: Pandemi COVID-19 Bawa Dinamika Baru di Tengah Volatilitas Pasar, 93% Korporasi Ubah Strategi Prioritas TI

Kam 27 Agustus 2020, telkomtelstra
  • Pandemi COVID-19 telah menunjukkan bagaimana korporasi membutuhkan teknologi adaptif dan alat kolaborasi yang aman untuk memastikan konektivitas tanpa kendala, terutama dalam menghadapi kondisi bisnis yang menantang dan volatilitas pasar. Hasil penelitian Telstra dan GlobalData memperlihatkan sebanyak 93% korporasi telah mengubah prioritas TI baik secara bertahap, signifikan, atau dramatis.
  • Solusi konferensi video dan pusat kontak berbasis cloud menjadi beberapa teknologi paling transformatif bagi perusahaan. Sebanyak 98% responden meyakini akan ada peningkatan ketergantungan pada konferensi video untuk menggantikan pertemuan tatap muka pasca pemulihan COVID-19.

JAKARTA, 18 Agustus 2020 – Pandemi COVID-19 yang membawa perubahan mendasar dalam iklim bisnis global telah memaksa korporasi untuk mengkalibrasi ulang strategi transformasi digital mereka. Sebanyak 93% korporasi menyatakan mereka telah mengubah prioritas TI mereka baik secara bertahap, signifikan, atau dramatis.

Pandemi ini telah menunjukkan bagaimana korporasi membutuhkan teknologi adaptif dan alat kolaborasi yang aman untuk memastikan konektivitas tanpa kendala, terutama dalam menghadapi kondisi bisnis yang sulit dan volatilitas pasar. Wawasan tersebut terungkap dalam penelitian bertajuk “Business Continuity, Flexible Working and Adaptive Infrastructure: Five Actions for When the Economy Reopens Following COVID-19yang diprakarsai oleh Telstra, perusahaan telekomunikasi dan teknologi terkemuka dan salah satu perusahaan induk dari telkomtelstra di Indonesia. Penelitian ini mengumpulkan data dari 120+ pemimpin bisnis di Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Serikat untuk memberikan wawasan tentang mengkalibrasi ulang strategi TI. Penelitian yang dilakukan Telstra dengan GlobalData ini mensurvei jajaran petinggi korporasi (C-suites) dan pembuat keputusan Teknologi Informasi (TI) untuk memahami tanggapan organisasi terhadap pandemi.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan korporasi di wilayah Asia Pasifik, Eropa, dan AS sedang memperbarui strategi TI secara menyeluruh, dengan prioritas utama terkait proses kerja jarak jauh (remote). Ini termasuk berbagai inisiatif seperti memastikan karyawan dapat terhubung dengan aman saat mengakses aplikasi dan data.

Dalam penelitian tersebut juga terungkap bahwa hampir satu dari sepuluh perusahaan tidak memiliki Rencana Kesinambungan Bisnis (Business Continuity Plan/BCP) pra-COVID-19. Sementara organisasi-organisasi yang memiliki BCP, hampir sepertiga (29%) tidak memiliki rencana untuk menanggapi peristiwa global yang tidak terduga seperti pandemi. Di Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru (SEA dan ANZ), hanya 22% korporasi yang mengaku memiliki BCP lengkap serta menunjukkan kesiapan untuk menghadapi peristiwa besar, termasuk pandemi.

Hasil penelitian juga menunjukkan perlunya bisnis untuk tidak hanya secara signifikan memperluas ruang lingkup BCP, tetapi mengidentifikasi lebih banyak kerentanan dan mempertimbangkan strategi baru untuk mengendalikan risiko yang dapat timbul.

Solusi konferensi video dan contact center berbasis cloud menjadi beberapa teknologi paling transformatif bagi perusahaan. Saat ini video menjadi penopang utama kolaborasi di berbagai bidang. Sebanyak 98% responden melaporkan adanya peningkatan kebutuhan akan konferensi video untuk menggantikan pertemuan tatap muka pasca pemulihan COVID-19.

“Sangat menarik melihat tanggapan yang sangat positif untuk konferensi video. Meskipun teknologinya selalu tersedia, terjadi perubahan persepsi dari era sebelum dan sesudah COVID-19,” ujar Dustin Kehoe, Direktur Layanan GlobalData.

Di sisi lain, lanjut dia, organisasi sedang meninjau pendekatan baru untuk keterlibatan pelanggan (customer engagement). Hampir setengah dari responden telah mengadopsi cloud-first contact center strategy untuk meningkatkan kemampuan end to end guna menambah kecepatan dan kelincahan saat melayani pelanggan. Kawasan Asia Utara menunjukkan peringkat penggunaan tertinggi sebesar 57%, diikuti oleh Asia Tenggara dan Australia-New Zealand di level 52%.

Dia juga memaparkan bahwa jaringan akan memainkan peran yang lebih penting dalam menghubungkan pekerja secara remote. Menurut hasil survei, delapan dari sepuluh bisnis memiliki sejumlah persentase karyawan yang tidak dapat bekerja karena tantangan TI. Karena itu, salah satu prioritas utama TI saat ini adalah mendukung produktifitas tenaga kerja secara remote. Sentimen ini sangat kuat disuarakan oleh responden dari Eropa, Asia Tenggara, dan Australia-Selandia Baru. Pasca COVID-19, kebutuhan jaringan lebih ditentukan dari sisi software-defined, cloud-ready, lebih otomatis dan fleksibel.

Sebanyak 77% responden di Singapura, Malaysia, Filipina, Australia dan Selandia Baru menetapkan ketangguhan dan keamanan TI untuk kelangsungan bisnis sebagai prioritas utama. Untuk itu, mereka gencar berinvestasi dalam alat Unified Communications and Collaboration, termasuk konferensi video untuk berkolaborasi secara remote, mempercepat adopsi cloud, dan mencari solusi TI yang mampu menggabungkan otomatisasi dan digital tools. Sebanyak 84% pemimpin bisnis di kawasan tersebut melihat ini sebagai prioritas tertinggi, melampaui rata-rata global 74%.

“Bisnis di Asia Tenggara dan Australia-Selandia Baru memiliki persiapan yang lebih baik untuk menghadapi pandemi dibandingkan wilayah lain, dimana mereka melihat tantangan COVID-19 sebagai katalis utama dalam  strategi TI. Pandemi ini telah menunjukkan kepada kita bagaimana bisnis memerlukan teknologi adaptif dan alat kolaborasi yang aman untuk menjamin konektivitas, terutama dalam menghadapi kondisi bisnis yang sulit dan pasar yang terus bergejolak,” kata Marjet Andriesse, Managing Director Telstra Asia Pasifik.(*)


Tentang Telstra

Telstra merupakan perusahaan telekomunikasi dan teknologi terkemuka yang menjadi kebanggaan Australia di kancah bisnis internasional. Saat ini, Telstra beroperasi di lebih dari 20 negara di luar Australia, menyediakan layanan kepada ribuan pelanggan bisnis, pemerintah, operator dan OTT. Telstra Enterprise adalah divisi dari Telstra yang menyediakan jaringan data dan IP serta layanan aplikasi jaringan, seperti managed network, komunikasi terpadu, cloud, solusi industri, dan layanan terintegrasi. Layanan ini didukung oleh jaringan kabel bawah laut perseroan, salah satu yang terbesar di kawasan Asia Pasifik, dengan lisensi di Asia, Eropa dan Amerika, serta akses ke lebih dari 2.000 lokasi di seluruh dunia.

Tentang Telkomtelstra

Telkomtelstra adalah perusahaan patungan antara PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia) yang merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan Telstra Corporation Limited (Telstra) yang merupakan perusahaan telekomunikasi dan layanan informasi terkemuka di Australia. Telkomtelstra menyediakan portfolio produk dan solusi teknologi terdepan seperti Managed Network Services, Managed Security Services, Managed Cloud Services, Unified Communications and Collaboration, dan Professional Services untuk membantu peningkatan transformasi digital di Indonesia. Melalui pemahaman akan pasar lokal dan juga pengalaman menyediakan layanan managed solutions kelas dunia, Telkomtelstra telah berhasil mendukung perusahaan-perusahaan Indonesia untuk memanfaatkan layanan solusi terkelola dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.

Kontak Media:

Sakkan Abram

Marketing Communication Manager

E-Mail: sakkan.abram@telkomtelstra.co.id